LAPORAN PPL TK ABA PLUS AL-FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

NINDA FEBRIANA, NINDA FEBRIANA (2014) LAPORAN PPL TK ABA PLUS AL-FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL IND NINDA FIX.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru mampu mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Melalui kegiatan ini pula, mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan serta belajar memilah-milah teori yang sesuai dengan kondisi lapangan. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2,5 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa harus menempuh praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan PPL adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya PL PPL dan PKL LPPMP UNY yaitu di TK ABA Plus Al-Firdaus yang terletak di Mancasan,Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. TK ABA Plus Al-Firdaus terdapat beberapa pendidik yang berasal dari lulusan PAUD. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 12 kali, 10 kali secara mandiri dan ujian PPL dilaksanakan sebanyak 2 kali. Sebelum melaksanakan praktek mengajar dikelas, mahasiswa mengkonsultasikan materi pembelajaran yang akan diajarkan, kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). Media maupun alat peraga dibuat dalam ukuran besar (contoh) agar dapat dilihat oleh seluruh siswa dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan yang akan dilakukan anak juga harus sekreatif mungkin agar anak tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, megajar, maupun penilaian terhdap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TK ABA Plus Al-Firdaus
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39355

Actions (login required)

View Item View Item