IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KABUPATEN WONOSOBO

Hanik Khuriana , , Amungkasi (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, UNY.

[img] Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_KIMIA_DALAM_MENGHADAPI_PELAKSANAAN_KURIKULUM_TINGKAT_SATUAN_PENDIDIKA2.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (2) kesiapan sar,tna dan prasarana pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP, (3) hubungan antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelakanaan KTSP, (4) serta kendala-kendalv yang dihadapi guru kimia dalam menghadapi pelaksanaan K1'SP pada SMA di wilayah Kabupaten Wonosobo ditinjau dari aspek persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penPlitian deskriptif. Populasi dari penevitian ini adalah SMA-SMA di Kabupaten V onosobo sebanyak 15 SMA, dan sebagai sampel diambil 13 SMA dengan teknik popmlasi sampling. Data dalam penelitian ini diambil melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah anali ;is deskriptif kuantitatif dengan rata-rata teknik persentase dan teknik korelasi product moment antara kesiapan sarana dan prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelakanaan KTSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kimia dalarn menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di wilayah Kabupaten Wonosobo adalah tinggi de;ngan rerata persentase 76,34 % meskipun sarana dan prasarana yang mendukung hanya memiliki kategoii rendah dengan rerata presentase 58,5 %. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,598. Harga r hitung lebih besar daripada r tabel pada taraf signifikansi 5 % (untuk N = 13) yaitu sebesar 0,553, sehingga dapat dis;v.ipulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan sarana (Ian prasarana dengan implementasi pembelajaran kimia. Ditemi:kan pula bahwa dalam implementasi pembelajaran kimia dalam menbhadapi pelaksanaan KT~sP pada SMA di wilayah Kabupaten Wonosobo terdapat beberapa kendala dalam persiapan, pelaksanaan dan penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item