LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 24 FEBRUARI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM POJOK HARJOBINANGUN PAKEM SLEMAN

Yonas Arya Kurnianto, Yonas Arya Kurnianto (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 24 FEBRUARI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM POJOK HARJOBINANGUN PAKEM SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
judul halaman pengesahan yonas.docx

Download (237kB)
[img] Text
3.BAB I - BAB III yonas.doc

Download (190kB)

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program S1 jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang bertujuan agar mahasiswa jurusan kependidikan mendapatkan pengalaman nyata yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran sebelum terjun ke dunia kerja. Penyelenggaraan PPL ini diintegrasikan dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di sekolah dan di masyarakat agar selain mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam proses pembelajaran, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dalam manajerial sekolah dan mampu mengembangkan kompetensi sosial baik di sekolah maupun di masyarakat luar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan dari tanggal 24 Februari hingga tanggal 17 September 2014. Lokasi PPL itu sendiri berada di SMP N 3 Pakem. Dalam kegiatan PPL ini, selain mempraktekkan apa yang telah dipelajari di kampus yakni mengajar di kelas, praktikan juga melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi siswa. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu ada. Beberapa hambatan tersebut antara lain waktu jam mengajar yang kurang, perpindahan siswa secara mendadak, penambahan jumlah kelas, dan masih banyak lainnya.tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya PPL, mahasiswa mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Dan semuanya bisa berjalan dengan lancar apabila kerjasama dengan pihak-pihak sekolah dan teman-teman PPL terjalin dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39346

Actions (login required)

View Item View Item