Nunuk Andriyanti, Nunuk Andriyanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMP Negeri 3 Pakem Periode 1 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL NUNUK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Program PPL adalah program kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL), yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama adalah masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Salah satu lokasi yang digunakan untuk PPL adalah SMP N 3 Pakem yang beralamat di Dusun Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. PPL dilaksanakan terhitung mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Dalam jangka waktu tiga bulan tersebut mahasiswa berada di sekolah sesuai dengan jam kerja yang berlaku. Program PPL, khusunya program studi Bimbingan dan Konseling terdiri dari beberapa program. Praktik BK di sekolah diantaranya penyebaran dan entri data sosiometri, analisis sosiometri, penyebaran dan analisis IKMS, bimbingan klasikal, konseling individual, bimbingan kelompok. Adapun program insidental meliputi membantu merekap daftar siswa asuh tahun ajaran 2014/205, pembuatan format lapelprog, membantu merekap presensi siswa, merekap buku poin pelanggaran tata tertib sekolah. Program PPL persekolahan seperti pesantren kilat, MOS, dan pendampingan Iqro. Selama pelaksanaan praktik, mahasiswa dibimbing oleh Ibu Dra. Sutinem YM. Jam efektif mengajar berlangsung selama dua bulan. Dalam dua bulan tersebut, mahasiswa dituntut melakukan kegiatan layanan bimbingan dan konseling secara terpadu dengan menggunakan kurikulum 2013. Jam efektif mengajar selama dua bulan itu termasuk di dalamnya adalah pemberian materi, dan konseling individual. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan metode, penyusunan RPL, dan pengelolaan kelas. Dalam kegiatan PPL mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan jurusan masing-masing. di sekolah, mahasiswa juga memperoleh ilmu yang sangat berguna yaitu mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan sekolah lainnya yang sangat berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Dari banyaknya kegiatan dari program yang ada tentunya terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya, namun itu semua disikapi sebagai tantangan yang harus dilewati agar pelaksanaan kegiatan tetap bisa berjalan dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 00:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |