LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN KKN-PPL LOKASI SMP Negeri 3 Pakem

Galih Dewanti, Galih Dewanti (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN KKN-PPL LOKASI SMP Negeri 3 Pakem. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
cover-abstrak 1.docx

Download (73kB)
[img] Text
bab 1,2,3.docx

Download (83kB)

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL), yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama adalah masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Salah satu lokasi yang digunakan untuk PPL adalah SMP N 3 Pakem yang beralamat di Dusun Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. PPL dilaksanakan terhitung mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 12 September 2014. Dalam jangka waktu tiga bulan tersebut mahasiswa berada di sekolah sesuai dengan jam kerja yang berlaku. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk melaksanakan praktik mengajar terbimbing dan mandiri. Sebelum melakukan praktik mengajar, mahasiswa melakukan observasi lingkungan pembelajaran termasuk di dalamnya adalah proses pembelajaran dan kondisi fisik lingkungan sekolah. Langkah selanjutnya adalah melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kelas yang akan dipakai untuk praktik serta jam mengajar untuk praktik. Selama pelaksanaan praktik, mahasiswa diberi kepercayaan untuk mengampu satu kelas yaitu kelas VII, VIII dan IX yang dibimbing oleh Ibu Tutik, S.Pd. Jam efektif mengajar berlangsung selama dua bulan. Dalam dua bulan tersebut, mahasiswa dituntut melakukan pembelajaran PJOK secara terpadu dengan menggunakan kurikulum 2013. Jam efektif mengajar selama dua bulan itu termasuk di dalamnya adalah pemberian materi, praktek, tugas, serta remidi bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, Proses pembelajaram, dan pengelolaan kelas. Dalam kegiatan PPL mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan jurusan masing-masing. di sekolah, mahasiswa juga memperoleh ilmu yang sangat berguna yaitu mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan sekolah lainnya yang sangat berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Dari banyaknya kegiatan dari program yang ada tentunya terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya, namun itu semua disikapi sebagai tantangan yang harus dilewati agar pelaksanaan kegiatan tetap bisa berjalan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Laporan > KKN - PPL
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:57
Last Modified: 01 Oct 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39342

Actions (login required)

View Item View Item