LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMP Negeri 3 Pakem Periode 2 Juli 2014 – 17 September 2014

Dita Yuliantika Sari, Dita Yuliantika Sari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMP Negeri 3 Pakem Periode 2 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL DITA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL), yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling.Program PPL SMP Negeri 3 Pakem yang berlokasi Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman. PPL dilaksanakan terhitung mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 12 September 2014. Dalam jangka waktu tiga bulan tersebut mahasiswa berada di sekolah sesuai dengan jam kerja yang berlaku. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk melaksanakan praktik mengajar terbimbing dan mandiri. Sebelum melakukan praktik mengajar, mahasiswa melakukan observasi lingkungan pembelajaran termasuk di dalamnya adalah proses pembelajaran dan kondisi fisik lingkungan sekolah. Program PPL, khususnya Prodi Bimbingan dan Konseling ini terdiri dari beberapa program, baik dalam praktik persekolahan maupun praktik Bimbingan dan Konseling di sekolah. Untuk praktik persekolahan meliputi beberapa program utama, diantaranya: (1) Sosiometri, (2) Penyebaran dan Analisis data IKMS (3) Pesantren Kilat (4) MOS dan (5) Pendampingan Iqro.Program Insidental, diantaranya yaitu : (1) Membantu membuat Agenda Harian Bimbingan dan Konseling (2) Membantu mempersiapkan Catatan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (3) Membantu mempersiapkan Pedoman Wawancara dan (4) Membantu membuat Satuan Kegiatan Pendukung sedangkan untuk praktik BK di sekolah, meliputi: (1) Bimbingan Klasikal, dan (2) Konseling Individu. Dari banyaknya kegiatan yang ada tentunya terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya, namun itu semua disikapi sebagai tantangan yang harus dilewati agar pelaksanaan kegiatan tetap bisa berjalan dengan baik.Pelaksanaan program PPL BK di SMP Negeri 3 Pakemini mendapat tanggapan positif dari seluruh elemen sekolah. Peningkatan kualitas program PPL ini, baik dari segi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, maupun evaluasi dan tindak lanjut perlu terus dilakukan guna mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik dimasa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39341

Actions (login required)

View Item View Item