LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 24 FEBRUARI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM POJOK HARJOBINANGUN PAKEM SLEMAN

Abi Thoyib Norcahyo, Abi Thoyib Norcahyo (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 24 FEBRUARI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM POJOK HARJOBINANGUN PAKEM SLEMAN. laporan ppl.

[img] Text
2.Judul dan halaman pengesahan thoyb.rtf

Download (10MB)
[img] Text
3.BAB I - BAB III thoyib.doc

Download (190kB)

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikannya selain tugas akhir skripsi. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. SMP Negeri 3 Pakem, yang beralamat di Dusun Pojok, Harjobinangun, Pakem - Sleman merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY tahun 2014. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. Tim PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMP Negeri 3 Pakem. Program KKN-PPL di SMP Negeri 3 Pakem yang dilaksanakan pada tanggal 24 Februari sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, tidak hanya transfer of knowledge tetapi transform of value, serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar ilmu-ilmu seni rupa melalui pendidikan seni rupa. Disini kami juga diberikan pengalaman untuk mencoba kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transform of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:49
Last Modified: 10 Aug 2016 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39338

Actions (login required)

View Item View Item