PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Rokhmah, Nur (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi 12401244021.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio terhadap peningkatan partisipasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 238 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan cara diundi. Dari hasil pengundian diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dengan metode pembelajaran berbasis portofolio dan kelas VII B sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa dengan metode ceramah bervariasi (diskusi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur bersifat terbuka, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas untuk menganalisis hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio yang meliputi identifikasi masalah, memilih masalah untuk kajian kelas, mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji, mengembangkan portofolio kelas, menyajikan portofolio (showcase), dan refleksi pengalaman belajar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan partisipasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta dibandingkan metode ceramah bervariasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan thitung sebesar 13,356 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Nilai thitung > ttabel (13,356 > 2,000), atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Persentase partisipasi belajar kelas eksperimen meliputi: emotional activities (83,3%), listening activities (97,2%), visual activities (95,5%), writing activities (91,7%), drawing activities (83,3%), oral activities (91,4%) dan mental activities (87,5%). Sedangkan perolehan presentase partisipasi belajar kelas kontrol meliputi: emotional activities (79,2%), listening activities (85,6%), visual activities (70,8%), writing activities (66,7%), drawing activities (50%), oral activities (72,5%) dan mental activities (70,8%). Kata Kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio dan Partisipasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39335

Actions (login required)

View Item View Item