MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn di SMA NEGERI 1 PURWOREJO

Nurwidiani W, Dewi (2016) MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn di SMA NEGERI 1 PURWOREJO. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI FULL (12401244016).swf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL (12401244016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembentukan karakter bangsa dan pelaksanaannya. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru mata pelajaran PPKn yaitu guru kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Purworejo. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan cara mengecek data yang diperoleh dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data induktif, yang tahapannya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model yang digunakan guru PPKn dalam pembentukan karakter bangsa peserta didik di SMA Negeri1 Purworejo meliputi dua model yaitu pertama model pendidikan karakter melalui kehidupan sekolah, visi misi sekolah, teladan guru, penegakan aturan-aturan dan disiplin, kedua model pendidikan karakter dengan menggunakan metode atau model pembelajaran. Model-model pembentukan karakter tersebut dilaksanaan secara bersama-sama dalam setiap pertemuan pembelajaran PPKn. (2) Faktor yang mendukung pembentukan karakter bangsa peserta didik yaitu kompetensi pedagogik dan profesional guru yang baik, telah dijalankannya peran-peran guru, guru yang memiliki kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran dan peraturan sekolah yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat yang dialami guru yaitu sikap peserta didik yang tidak mendukung pelaksanaan model pembentukan karakter bangsa, guru tidak dapat mengawasi peserta didik di luar sekolah, dan belum dicantumkannya penilaian sikap dalam sebagian perencanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru PPKn. Kata Kunci: model, pembentukan, karakter bangsa, pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:28
Last Modified: 30 Jan 2019 10:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39332

Actions (login required)

View Item View Item