Keefektifan Manajemen Pendidikan Sekolah Standar Nasional di SD Negeri Graulan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo

Kamari, Kamari (2011) Keefektifan Manajemen Pendidikan Sekolah Standar Nasional di SD Negeri Graulan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kamari-09703254029.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan manajemen pendidikan Sekolah Standar Nasional di SD Negeri Graulan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis evaluasi program yakni evaluasi proses (implementasi program), sedangkan model evaluasi yang digunakan adalah Discrepancy Evaluation Model. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Graulan, Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendididikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Kecamatan Wates, Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo yang terletak di Dusun Graulan Desa Giripeni Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru/pendidik, tenaga kependidikan dan komite sekolah. Adapun objek penelitian ini berkenaan dengan aspek-aspek manajemen pendidikan yang meliputi aspek perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi (pengamatan), wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, unitisasi kategori, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pendidikan sekolah standar nasional di SD Negeri Graulan tergolong efektif yang ditunjukkan dengan ketercapaian nilai kinerja sekolah 80,33%. Secara rinci keefektifan pada masing-masing aspek penilaian pelaksanaan manajemen pendidikan Sekolah Standar Nasional adalah sebagai berikut: (1) aspek perencanaan program mencapai 85,10% dan dikategorikan sangat efektif, (2) aspek Pelaksanaan Rencana Kerja mencapai 76,82% dan dikategorikan efektif, (3) aspek Pengawasan dan Evaluasi mencapai 78,80% dan dikategorikan efektif, (4) aspek kepemimpinan sekolah mencapai 93,45% dan dikategorikan sangat efektif, dan (5) aspek sistem informasi manajemen mencapai 67,50 % dan dikategorikan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, manajemen pendidikan, Sekolah Standar Nasional
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Aug 2016 10:01
Last Modified: 09 Aug 2016 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39331

Actions (login required)

View Item View Item