LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK 45 WONOSARI

Nurul Ihsan, Nurul Ihsan (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK 45 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PP_NURUL_IHSAN_11504241002.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2014 adalah SMK 45 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru, dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK 45 Wonosari ini mahasiswa PPL diwajibkan mengambil 1 mata pelajaran teori dan 1 pelajaran Praktik . Mata pelajaran yang diampu penulis adalah pemeliharaan chasis dan spt. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 14 agustus 2014 sampai dengan 12 September 2014, dengan jumlah jam total tiap minggu 12 jam yang terdiri dari pada kelas XI O1,XI O2, XI O3. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Persiapan yang dimaksud berupa bagaimana cara membuat RPP, konsultasi dengan Guru Pembimbing, konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan, cara membuat media pembelajaran, cara membuat modul pembelajaran, cara membuat soal evaluasi, serta cara menentukan nilai dalam pelajaran (KKM).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, PPChasis & SPT.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39321

Actions (login required)

View Item View Item