LAPORAN KELOMPOK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014 DI SD NEGERI SINDUADI 2 Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman

FARIDA TRILYSTIANI, FARIDA TRILYSTIANI (2014) LAPORAN KELOMPOK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014 DI SD NEGERI SINDUADI 2 Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1 2 3.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakn oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam bidang pembelajaran disekolah, memberikan kesempatan kepada amahasiswa untuk mengenali permasalahan yang ada disekolah terkait dengan proses pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan ke dalam pembelajarn di sekolah. Berdasarkan kondisi yang ada di SD N Sinduadi 2 terdapat 72 siswa kelas I-VI dan tenaga pengajar berjumlah 11 orang guru, 7 guru bersertifikasi dan 4 guru tidak tetap, selain tenaga pengajar juga terdapat 1 orang penjaga sekolah. Maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program/ kegiatan yang dilaksanakan selama PPL. Program/kegiatan PPL antara lain : (1) membuat media pembelajaran, (2) membuat plang penunjuk lokasi sekolah, (3) melatih PBB untuk upacara atau apel, (4) Pendidikan kesehatan, (5) Pembuatan sloganisasi dan poster, (6) Pengukuran TB dan BB, dan (7) Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna begi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang professional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL yang telah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa program PPL di SD Negeri Sinduadi 2 berjalan dengan lancar. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum nantinya terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39313

Actions (login required)

View Item View Item