LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014 DI SD NEGERI SINDUADI 2 Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman

Estrie Dwi Pamugar, Estrie Dwi Pamugar (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014 DI SD NEGERI SINDUADI 2 Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1 2 3.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakn oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan semester 6 dan telah lulus dari kegiatan mikro teaching di kampus oleh masing masing jurusan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 2 bulan di sekolah yang telah dipilih oleh mahasiswa. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Sebelum program Praktek Pengalaman Lapangan, terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan dan diadakan observasi lokasi. Pembekalan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2014 sedangkan observasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi pada awal bulan Maret 2014, kemudian dilakukan juga wawancara dengan beberapa pengurus sekolah, yaitu dengan Kepala Sekolah, beberapa Guru SD Negeri Sinduadi 2 dan beberapa guru lainnya. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program/ kegiatan yang dilaksanakan selama PPL. Program/kegiatan PPL individu utama antara lain : (1)konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL, (2) praktek mengajar, (3) pembuatan RPP, (4) senam pagi dan kerja bakti, (5) evaluasi. Program PPL kelompok antara lain : (1) membuat media pembelajaran, (2) membuat plang penunjuk lokasi sekolah, (3) melatih PBB untuk upacara atau apel, (4) Pendidikan kesehatan, (5) Pembuatan sloganisasi dan poster, (6) Pengukuran TB dan BB, (7) Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan kegiatan PPL insidental antara lain : (1) mengajar kelas kosong, (2) takziah, (3) halal bihalal, (4) membuat struktur UKS, (5) membuat struktur perpustakaan (6) menghias sekolah dalam rangka HUT RI. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna begi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang professional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL yang telah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa program PPL di SD Negeri Sinduadi 2 berjalan dengan lancar. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum nantinya terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata. Meskipun ada hambatan-hambatan, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:27
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39309

Actions (login required)

View Item View Item