LAPORANKEGIATAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIUS X MAGELANG

Kristalia Monica Sihite, Kristalia Monica Sihite (2014) LAPORANKEGIATAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIUS X MAGELANG. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
KRISTALIA MONICA_11513244010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi merupakan institusi yang mempunyai peranan besar dalam pelaksanan pembangunan bangsa. Akan tetapi, kehadirannya masih belum dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Menjembatani persoalan tersebut, perguruan tinggi mencoba melahirkan kebijakan yang dapat membuka lahan baru bagi proses pemberdayaan masyarakat. Alasan inilah yang melahirkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi masalah pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu program yang dirancang sebagai implementasi dari pengabdian Perguruan Tinggi kepada bidang pendidikan adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program ini dilaksanakan dengan cara menerjunkan mahasiswa di bawah supervisi Perguruan Tinggi untuk melaksanakan praktik mengajar di sekolah. Hal itu dikarenakan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yang yang mempersiapkan atau mencetak guru masa depan. Sasaran PPL adalah sekolah yang sesuai dengan bidang/ jurusan yang digeluti. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu pada tuntutan empat kompetensi guru baik dalam konteks pembelajaran maupun dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi social. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah (1) memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial disekolah atau lembaga, dalam rangka melati dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3)meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dukuasai secara interdisipliner kedalam kehidupan nyata di sekolah atau dilembaga pendidikan. (4)memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:12
Last Modified: 09 Aug 2016 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item