LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

GunawanRisdiyanto, GunawanRisdiyanto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
A. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR,ABSTRAK.docx

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 1. Observasi Kondisi Fisik Sekolah .doc

Download (293kB)
[img] Text
Lampiran 2. Observasi Pembelajaran Kelas .doc

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN 8. RPP KONVERSI ENERGI KLS X.doc

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN 10. RPP PENGELASAN pertemuan 1 dan 2.doc

Download (61kB)

Abstract

PraktikPengalamanLapangan(PPL)merupakanmatakuliahyangwajibditempuholehsetiapmahasiswakependidikan(S1)diUniversitasNegeriYogyakarta. PraktikPengalamanLapangantelahdilaksanakan di SMK PIRI 1 Yogyakartamulaitanggal1Julihingga17September2014.PersiapankegiatanPPLyangberupapembelajaranmikro, observasipembelajaran di dalamkelasdanmembuatrencanapembelajaran.SementaradalampelaksanaannyameliputipembuatanRPP,praktikmengajar,pembuatansoal,evaluasisertakegiatanlainnyayang diselenggarakandisekolah. Praktikmengajardimulaidaritanggal6 Agustussampai 17 September 2014, dilakukan total sebanyak 10 kali pertemuan di kelasTeknikPermesinanyaitu X TP1, X TP2, XII TP1, dan XII TP2. PokokbahasanyangdiajarkanadalahmatapelajaranMesinKonfersiEnergi, TeknikPengelasan, danTeoriGerinda. Metode yang digunakanadalahceramahbervariasi, tanyajawab, diskusi, penugasan, demostrasi, dan scientific. Media yang digunakanadalahgambarsuatumateri ajar berukuran A3. Evaluasidilaksanakan1kaliuntukkelasX TP1, X TP2, XII TP1, dan XII TP2tentangmateriajar yang telahdisampaikan. Hambatan yang ditemuipraktikandalammelaksanakan PPL adalah: 1. Dari praktikan, kurangmenguasaikelas,terbatasnyasarana media ajar,2.Dari siswa,ketidakaktifansiswadalamprosesbelajarmengajar,belumterbiasadenganmetodediskusisehinggasangatsulitmengkondisikansiswa,siswa yang terkesankurangmembutuhkanmateri yang disampaikan. Usaha untukmengatasikesulitandanpermasalahandalampelakasanaan PPL adalahdenganselalumelakukankonsultasidengangurupembimbinguntukmendapatmasukan, saran danbimbingandalampelaksanaanpraktikmengajaruntukmendapatkanhasilsebaik-baiknya. Denganpelaksanaan PPL inimahasiswamendapatbanyakpengalamandanpengetahuandalamhalkependidikanyangbergunadi kemudianhari.Penulisberharaphubungankerjasamaantarasekolahdengan LPPMP UNY danpraktikantetapterjagadenganbaikmeskipunkegiatan PPL telahberakhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK PIRI 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39301

Actions (login required)

View Item View Item