GunawanRisdiyanto, GunawanRisdiyanto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
A. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR,ABSTRAK.docx Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I.doc Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB II.doc Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB III.doc Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (23kB) |
![]() |
Text
Lampiran 1. Observasi Kondisi Fisik Sekolah .doc Download (293kB) |
![]() |
Text
Lampiran 2. Observasi Pembelajaran Kelas .doc Download (133kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN 8. RPP KONVERSI ENERGI KLS X.doc Download (75kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN 10. RPP PENGELASAN pertemuan 1 dan 2.doc Download (61kB) |
Abstract
PraktikPengalamanLapangan(PPL)merupakanmatakuliahyangwajibditempuholehsetiapmahasiswakependidikan(S1)diUniversitasNegeriYogyakarta. PraktikPengalamanLapangantelahdilaksanakan di SMK PIRI 1 Yogyakartamulaitanggal1Julihingga17September2014.PersiapankegiatanPPLyangberupapembelajaranmikro, observasipembelajaran di dalamkelasdanmembuatrencanapembelajaran.SementaradalampelaksanaannyameliputipembuatanRPP,praktikmengajar,pembuatansoal,evaluasisertakegiatanlainnyayang diselenggarakandisekolah. Praktikmengajardimulaidaritanggal6 Agustussampai 17 September 2014, dilakukan total sebanyak 10 kali pertemuan di kelasTeknikPermesinanyaitu X TP1, X TP2, XII TP1, dan XII TP2. PokokbahasanyangdiajarkanadalahmatapelajaranMesinKonfersiEnergi, TeknikPengelasan, danTeoriGerinda. Metode yang digunakanadalahceramahbervariasi, tanyajawab, diskusi, penugasan, demostrasi, dan scientific. Media yang digunakanadalahgambarsuatumateri ajar berukuran A3. Evaluasidilaksanakan1kaliuntukkelasX TP1, X TP2, XII TP1, dan XII TP2tentangmateriajar yang telahdisampaikan. Hambatan yang ditemuipraktikandalammelaksanakan PPL adalah: 1. Dari praktikan, kurangmenguasaikelas,terbatasnyasarana media ajar,2.Dari siswa,ketidakaktifansiswadalamprosesbelajarmengajar,belumterbiasadenganmetodediskusisehinggasangatsulitmengkondisikansiswa,siswa yang terkesankurangmembutuhkanmateri yang disampaikan. Usaha untukmengatasikesulitandanpermasalahandalampelakasanaan PPL adalahdenganselalumelakukankonsultasidengangurupembimbinguntukmendapatmasukan, saran danbimbingandalampelaksanaanpraktikmengajaruntukmendapatkanhasilsebaik-baiknya. Denganpelaksanaan PPL inimahasiswamendapatbanyakpengalamandanpengetahuandalamhalkependidikanyangbergunadi kemudianhari.Penulisberharaphubungankerjasamaantarasekolahdengan LPPMP UNY danpraktikantetapterjagadenganbaikmeskipunkegiatan PPL telahberakhir.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMK PIRI 1 Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:09 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |