LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK ( 1 Juli 2014 – 17 September 2014) Jl. Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak Sleman KABUPATEN SLEMAN

Nanda Oktarina Aditya, Nanda Oktarina Aditya (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK ( 1 Juli 2014 – 17 September 2014) Jl. Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak Sleman KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NANDA OKTARINA ADITYA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sedangkan misi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah a) menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional; b) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan; c) memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan; d) mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak, tepatnya di Jl. Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak, Sleman dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran disekolah dan administrasinya. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktek mengajar di mulai sejak tanggal 15 Juli 2014 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar selama minimal 8 kali pertemuan. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik team teaching dan terbimbing di enam kelas, yaitu kelas X IIS 1, X IIS 2, X MIA 1, X MIA 2, XI IIS 1, dan XI IIS 2. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 30 kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Hasil yang dicapai selama PPL, praktikan memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Terdapat perbedaan yang cukup jauh pada saat berlangsungnya micro teaching di kampus dengan praktek secara langsung di lapangan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi mahasiswa UNY untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masing-masing progam. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) akan menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses pemberian Ilmu Geografi secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon guru Geografi. Keberhasilan proses Pembelajaran dan Pengajaran Geografi tergantung kepada unsur utama (guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah) ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung. Program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Negeri 1 Ngemplak agar PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39296

Actions (login required)

View Item View Item