LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN (1 Juli 2014 – 17 September 2014) NOMOR LOKASI E 009

Leni Suleni, Leni Suleni (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN (1 Juli 2014 – 17 September 2014) NOMOR LOKASI E 009. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LENI SULENI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, praktik pengalaman lapangan diselenggarakan di lokasi SMA Negeri 1 Ngemplak yang beralamat di dusun Cokrogaten, desa Bimomartani, Ngemplak, Sleman. Yogyakarta. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua bidang yaitu praktik mengajar dan administrasinya serta kegiatan rutin piket harian yaitu pendampingan guru piket. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus – 13 September 2014 dengan mata pelajaran Kimia. Jumlah jam mengajar tiap kelas yaitu 3 jam per minggu di kelas X MIA 1, X IIS 2, serta 4 jam per minggu di kelas XI MIA 2 dan XII IPA 2. Jumlah pertemuan selama praktikan mengajar di SMA N 1 Ngemplak yaitu 20 kali pertemuan di kelas X, XI, dan XII. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini praktikan menggunakan media White Board, dan Power Point. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang digunakan diskusi, ceramah, dan presentasi oleh siswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah (1). Dari praktikan, penguasaan kelas yang masih perlu ditngkatkan lagi (2). Pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:36
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39289

Actions (login required)

View Item View Item