LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN (2 Juli 2012 – 16 September 2014)

Dewi Nilam Tyas, Dewi Nilam Tyas (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN (2 Juli 2012 – 16 September 2014). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sampul-Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PPL BAB I, II,III.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 1 Ngemplak yang terletak di Jl. Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak, Sleman dan berlangsung selama kurang lebih 12 minggu, sejak 1 Juli 2014 sampai dengan 16 September 2014. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran untuk melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial. PPL juga memberikan kesempatan untuk mengenal dan mengatasi permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Biologi pada khususnya. Kegiatan PPL meliputi kegiatan praktik mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak 7 Agustus 2014 sampai 13 September 2014. Kelas yang diampu sebanyak 4 kelas MIA kelas dengan total praktik mengajar sebanyak 31 kali pertemuan. Selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing maupun dengan DPL PPL, sehingga permasalahan dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PP) adalah mahasiswa memperoleh pengalaman langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar karena ilmu yang sudah diterima di kampus benar-benar dapat dimanfaatkan dan dibagikan kepada para siswa. Mahasiswa PPL dapat belajar mengelola kegiatan belajar-mengajar di kelas dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan yang ditemui selama kegiatan berlangsung. Setiap kegiatan PPL memberikan pengalaman yang berharga untuk mengasah dan mendewasakan pemikiran mahasisiwa sebagai seorang calon tenaga pengajar yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, social, calon tenaga pengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39273

Actions (login required)

View Item View Item