LAPORAN INDIVIDU KEGIATANA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK Jl. Jangkang Manisrenggo, Bimomartani KABUPATEN SLEMAN

AGNES KUNTI NURITASARI, AGNES KUNTI NURITASARI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATANA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK Jl. Jangkang Manisrenggo, Bimomartani KABUPATEN SLEMAN. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan, Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sedangkan misi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah a) menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional; b) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan; c) memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan; d) mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak, tepatnya di Jl. Cokrogaten Bimomartani dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 16 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran disekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan diantaranya pembuatan Satuan Layanan serta pembuatan ringkasan materi layanan. Berdasarkan analisis situasi dan observasi baik sekolah maupun kelas, telah dilaksanakan berbagai program. Dalam kegiatan praktek mengajar, mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing mata pelajaran. Pelaksanaan praktek mengajar sesuai dengan jadwal guru pembimbing mata pelajaran. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi mahasiswa UNY untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masing-masing progam. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) akan menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses pemberian Ilmu Geografi secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon guru Geografi. Keberhasilan proses Pembelajaran dan Pengajaran Geografi tergantung kepada unsur utama (guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah) ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung. Program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Dari program PPL ini mahasiswa telah memperolah manfaat baik dari praktek maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan pelaksanaan KKN-PPL ini. Dari kegiatan tersebut mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang proses kegiatan belajar di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:42
Last Modified: 09 Aug 2016 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39272

Actions (login required)

View Item View Item