LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) di SMK N 1 KLATEN PERIODE 1 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014

RIZA KURNIAWAN, RIZA KURNIAWAN (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) di SMK N 1 KLATEN PERIODE 1 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FT P.TEKNIK INFORMATIKA 11520244024 RIZA KURNIAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014 di SMK N 1 KLATEN akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa dikarenakan sistem yang berbeda yakni KKN dan PPL dilaksanakan dalam kegiatan yang berbeda sehingga pelaksanaan PPL lebih terfokus dan efektif. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain: melakukan proses pengajaran kepada siswa dalam mata pelajaran Jaringan Dasar dan Komputer Terapan. Dalam kegiatan PPL di SMK N 1 KLATEN, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas X TKJ 1, XI TKJ 1, dan XI TKJ 3. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, dan mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:29
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item