LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22, Klaten

Hilma Gustami, Hilma Gustami (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FT P.TEKNIK INFORMATIKA 11520241054 HILMA GUSTAMI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang professional. Untuk melaksanakan tugas tersebut UNY memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa melalui kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pendidikan yang dikuasai oleh mahasiswa, ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekolah. Dengan program PPL ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional.. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 14 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, mahasiswa praktikan menerapkan ketrampilan mereka ketika terjun ke lapangan dengan berbekal pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Negeri 1 Klaten, praktikan mengajarkan materi Simulasi Digital dan Perakitan Komputer untuk kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2. Kegiatan PPL yang dijalankan selama 2 bulan ini antara lain observasi kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Koordinator KKN-PPL SMK N 1 Klaten dan guru pembimbing, penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan proses pembelajaran selama kurang lebih 7 minggu. Untuk mata pelajaran simulasi digital praktikan mendapat kesempatan 6 kali pertemuan masing-masing untuk kelas X MM 1 dan X MM 2, dan untuk mata pelajaran perakitan komputer praktikan mendapat kesempatan 6 kali pertemuan masing-masing untuk kelas X MM 1 dan X MM 2. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode Diskusi dan Ceramah dengan tambahan penggunaan media dan games yang relevan dengan materi yang disampaikan. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39252

Actions (login required)

View Item View Item