LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 1 KLATEN

Desy Fatmawati, Desy Fatmawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMK NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FE P.EKONOMI 11404241040 DESY FATMAWATI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PPL adalah program kegiatan tahunan Praktik Pengalaman Lapangan yang diadakan oleh LPPMP UNY untuk mahasiswa Kependidikan UNY dan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL wajib diambil atau ditempuh oleh mahasiswa kependidikan program S1 dan wajib lulus. Mata kuliah ini berbobot 3 sks. Selain itu PPL juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari permasalahan sekolah terkait dengan proses pembelajaran. Lokasi PPL adalah sekolah- sekolah yang berada di provinsi Yogyakarta dan sekitarnya. Salah satu contohnya adalah pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Klaten. SMK Negeri 1 Klaten terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, No.22, Klaten Utara, Klaten. Pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Klaten berlangsung dari tanggal 2Juli sampai 17 September 2014. Sebelum melaksanakan program PPL, mahasiswa praktikan melakukan observasi lingkungan fisik dan nonfisik sekolah. Hal ini bertujuan untuk memahami situasi dan kondisi sekolah, sehingga praktikan bisa menentukan program dan kegiatan yang akan dijalankan selama program PPL berlangsung. Selain praktik mengajar, prakitikan juga belajar mengenai administrasi dan kegiatan sekolah. Beberapa program dan kegiatan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Klaten adalah (1) pembuatan RPP dan media pembelajaran, (2) praktik mengajar, (3) pembuatan alat evaluasi, (4) Evaluasi (Ulangan Harian 1), (5) pendampingan kegiatan sekolah. Program-program PPL tersebut telah dilaksanakan dengan lancar, meskipun ada beberapa hambatan dalam melaksanakannya. Diantaranya adalah praktik mengajar di kelas yang memiliki tantangan tersendiri karena harus menyesuaikan diri dengan karakter siswa yang heterogen, kesulitan menyampaikan materi karena keterbatasan media sehingga tidak setiap pertemuan menggunakan media elektronik, kesulitan menyampaikan materi kepada siswa karena siswa tidam mempunyai buku modul atau pedoman sehingga modul harus dibuat sendiri, hambatan lain adalah kesulitan menyampaikan pelajaran karena mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran produktif baru dan guru pembimbing belum pernah mengajar mata pelajaran ini sebelumnya, dan juga sulitnya menemukan buku referensi dan materi dari berbagai sumber juga merupakan hambatan tersendiri dalam pelaksanaan program PPL ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39249

Actions (login required)

View Item View Item