LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA SEKOLAH: SMK NEGERI 1 KLATEN (Jl. Dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO No. 22, KLATEN UTARA, KLATEN) 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

Adelina Vina Hapsari, Adelina Vina Hapsari (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA SEKOLAH: SMK NEGERI 1 KLATEN (Jl. Dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO No. 22, KLATEN UTARA, KLATEN) 02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
FE P.AKUNTANSI 11403244065 ADELINA VINA HAPSARI.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL bertujuan untuk memberi pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah lainnya sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional, memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Dalam pelaksanaan PPL di SMK N 1 Klaten pada minggu pertama praktikan mengampu mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan kelas X AP 2, akuntansi keuangan kelas XI AK 3, pengantar akuntansi dan keuangan kelas XI AP 2, dan mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X AK 4 dengan total jam mengajar 9 jam /minggu. Setelah itu ada perubahan pembagian mengajar dan praktikan mendapat tugas mengampu mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan kelas X AP 2, akuntansi ke uangan kelas XI AK 3 dan XI AK 4, dan administrasi pajak kelas XI AK3 dengan total jam mengajar 10 jam/minggu. Kegiatan ppl yang dilaksanakan dimulai dengan pengajaran mikro (micro teaching), pembekalan PPL, observasi sekolah, konsultasi dengan guru pembimbing, penyusunan perangkat pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, pembuatan daftar presensi dan daftar nilai peserta didik, praktik mengajar di kelas, evaluasi, dan penyusunan laporan PPL. Pelaksanaan program PPL berjalan dengan lancar walaupun pada praktiknya ada beberapa kendala yang dialami seperti keanekaragaman karakteristik peserta didik, peserta didik tidak mempunyai buku pegangan, dan koneksi internet yang lambat. Akan tetapi semua dapat diatasi dengan mempersiapkan mental, lebih teliti dalam mengatur waktu agar sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta mendiskusikan dengan guru pembimbing dan DPL sehingga semua program dapat tercapai dan berjalan sesuai dengan target yang direncanakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N1 Klaten
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:05
Last Modified: 09 Aug 2016 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item View Item