LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMK NEGERI 1 KLATEN

Yan Hanif Jawangga, Yan Hanif Jawangga (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMK NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FE P.AKUNTANSI 11403244044 YAN HANIF JAWANGGA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan (PPL) bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada kondisi lapangan yang sesungguhnya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. PPL memiliki visi untuk mecetak tenaga kependidikan yang profesional berwawasan global. Program PPL tersebut dilaksanakan secara bertahap dimulai dari observasi sampai dengan pelaksanaan PPL berupa praktek pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Pelaksanaan program PPL dimulai pada tanggal 27 Februari sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMK Negeri 1 Klaten, yang diikuti oleh 15 mahasiswa dari berbagai program studi kependidikan di UNY. Ke-15 mahasiswa tersebut antara lain : 6 orang dari prodi Pendidikan Akuntansi, 3 orang dari prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 orang dari prodi Pendidikan Ekonomi, dan 4 orang dari prodi Pendidikan TIK. Melalui program PPL ini, mahasiswa dapat mengamati, mempelajari, serta memparktekkan rancangan pelaksanaan pembelajaran secara langsung dalam lingkungan sebenarnya, yakni sekolah. Selain praktek mengajar, mahasiswa juga mengikuti program atau kegiatan dari sekolah di luar kegiatan belajar mengajar yang dapat membentuk mahasiswa sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Secara umum pelaksanaan PPL yang telah direncanakan dapat berjalan lancar sesuai dengan program kerja. Dari semua program PPL yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik. Hasilnya kelas yang diampu oleh praktikan mahasiswa bisa menerima pelajaran yang diberikan kepada siswanya dengan cukup baik mahasiswa praktikkan mampu memenuhi tugas yang diberikan oleh guru pembimbing. Adapun hambatan dalam melaksanakan praktek mengajar ini berupa kondisi laboratorium yang memiliki komputer atau sarana yang sedikit sering bermasalah sehingga mengganggu jalannya pembelajaran serta keadaan kelas yang terkadang gaduh yang bias menghambat jalannya kegiatan pembelajaran. Adapun manffat dari PPL ini yakni: program PPL memberikan kesempatan dalam melakukan pemantapan kemampuan professional Guru, mendemonstrasikan kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan perbaikan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik, mendalami karakteristik peserta didik dalam rangka memotivasi belajarnya, mengidentifikasi permasalahan pembelajaran di kelas dan mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut secara individu maupun kelompok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 1 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39243

Actions (login required)

View Item View Item