LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 2 Juli – 17 September 2014 SMK Negeri 1 Klaten

Dwi Ernawati, Dwi Ernawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 2 Juli – 17 September 2014 SMK Negeri 1 Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FE P.AKUNTANSI 11403244034 DWI ERNAWATI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana utama praktik bagi mahasiswa dilapangan dalam upaya pembentukan ketenaga pendidikan yang professional bagi calon guru dengan dimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam pratik keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, mahasiswa praktikum memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kelas yang diampu oleh guru pembimbing dengan mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah. Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari observasi kelas, proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Koordinator PPL SMK Negeri 1 Klaten dan guru pembimbing. Selain itu, kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan RPP, pembuatan administrasi guru, serta pelaksanaan proses pembelajaran selama kurang lebih 6 minggu dengan total 24 jam dengan penyampaian materi pokok untuk kelas X Akuntansi sebagai berikut: Hakekat akuntansi, Pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi dan profesi akuntansi, Bidang spesialisasi akuntansi, Jenis dan bentuk badan usaha, serta Prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi. Dengan terlaksananya kegiatan PPL ini, mahasiswa merasakan pengalaman mengenai dunia kependidikan yang sesungguhnya. Secara keseluruhan PPL di SMK NEGERI 1 KLATEN berjalan dengan lancar, walaupun ada hambatan yang ada seperti siswa asyik dengan kegiatan mereka sendiri, sehingga membuat suasana belajar menjadi kurang kondusif, masih bisa diselesaikan dengan baik oleh mahasiswa dengan cara memberikan perhatian yang lebih dengan memberikan pertanyaan atau teguran secara langsung kepada siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39239

Actions (login required)

View Item View Item