PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT SISTEM PENERIMA TELEVISI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

SIDIK, TRI RAHARJO (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT SISTEM PENERIMA TELEVISI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sidik Tri Raharjo - 11502247007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TELEVISI Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang berupa handout sistem penerima televisi di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan dari penerima televisi sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PIRI 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ((Research and Development pelajaran sistem penerima televisi (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; awal; (6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; operasional; (10) revisi produk akhir; dan (11) penyempurnaan produk. dilakukan pada Siswa kelas Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen berupa angket. digunakan adalah analisis kualitatif dan pembelajaran sistem penerima televisi. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk handout mata pelajaran kompetensi dan kompetensi dasar materi (3) buah handout. Materi pokok dari tiap pengertian prinsip kerja pen bagian dan fungsi penerima televisi; (2) putih dan warna; (3) handout kelayakan terhadap handout menurut penilaian dosen ahli materi memperoleh skor rata dengan kriteria penilaian baik, guru Program Studi Teknik Audio Video sebagai ahli materi memperoleh rata-rata skor keseluruhan 3,5 ahli media 1 memperoleh rata penilaian baik, dari ahli media 2 memperoleh rata dengan kriteria penilaian baik, dan dari uji lapangan memperoleh rata keseluruhan sebesar 4,10 dengan kriteria penilaian baik. Standar kelayakan handout apabila skor rata-rata keseluruhan tidak kurang dari standar minimal yaitu baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa SMK PIRI 1 Yogyakarta yang dikembangkan suda Kata kunci : handout, sistem penerima televisi vii ABSTRAK GAN HANDOUT SISTEM PENERIMA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : Sidik Tri Raharjo 11502247007 handout Development)). Pengembangan produk baru berupa handout melalui beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan; (4) revisi desain; (5) uji coba lapangan (8) revisi II; (9) uji coba lapangan Penelitian ini XI Jurusan Teknik Audio Video SMK PIRI 1 Yogyakarta Teknik analisis yang kuantitatif untuk mengetahui kelayakan sistem penerima televisi. Berdasarkan silabus, standar materi-materi kemudian dikembangkan menjadi tiga handout, yaitu (1) handout 1: menjelask penerima televisi dan macam-macamnya, menjelaskan bagian handout 2: menjelaskan prinsip kerja TV hitam (3): menjelaskan macam – macam penerima televisi. Uji pembelajaran sistem penerima televisi yang dikembangkan, rata-rata keseluruhan s 3,58 dengan kriteria penilaian baik, dari rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,05 dengan kriter rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,05 handout sistem penerima televisi di sudah baik sehingga layak digunakan , televisi. sistem di SMK mata Yogyakarta. handout stem an menjelaskan – erja stem sebesar 4 kriteria rata-rata skor h digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39228

Actions (login required)

View Item View Item