PENGARUH LATIHAN PROPRIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION (PNF) PASCA CEDERA BAHU TERHADAP PERBAIKAN RANGE OF MOTION (ROM)

Agung Budiono (2016) PENGARUH LATIHAN PROPRIOCEPTIVE NEUROMUSCULAR FACILITATION (PNF) PASCA CEDERA BAHU TERHADAP PERBAIKAN RANGE OF MOTION (ROM). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Agung Budiono_12603141026.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dari pengamatan yang dilakukan peneliti di Klinik Terapi FIK UNY selama bulan Maret 2016, pasien laki-laki klinik terapi FIK UNY yang mengalami cedera bahu sebanyak 23% dari keseluruhan pasien yang datang. Dari sekian pasien cedera bahu yang datang, ada 28 pasien yang datang lagi pada bulan yang sama dan cedera yang sama karena cedera yang mereka alami kambuh.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang pengaruh latihan Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) pasca cedera bahu terhadap perbaikan ROM sendi bahu. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain satu kelompok dengan tes awal dan tes akhir (the one-group pretest-posttest design). Latihan PNF diberikan selama dua minggu dan setiap satu minggu latihan dilberikan sebanyak tiga kali. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien lakilaki klinik terapi FIK UNY yang mengalami cedera bahu berulang pada bulan maret 2016 sebanyak 28 orang, dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 15 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperolehbahwa enam kali perlakuan latihan PNF dapat berpengaruh meningkatkan ROM sendi bahu baik untuk gerakan fleksi, ekstensi, abduksi, maupun adduksi (p<0,05). Hasil uji t menunjukkan peningkatan ROM sendi bahu fleksi sebesar 29,47, ekstensi 9,93, abduksi 22,93, dan adduksi 11,6.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Latihan PNF, cedera bahu, Range of Motion
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39222

Actions (login required)

View Item View Item