PENGARUH KECAKAPAN VOKASIONAL, KEPRIBADIAN, DAN KESADARAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN DAN MEKATRONIKA DI SMK NEGERI I TEMBARAK

Setyawan, Rizal (2016) PENGARUH KECAKAPAN VOKASIONAL, KEPRIBADIAN, DAN KESADARAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN DAN MEKATRONIKA DI SMK NEGERI I TEMBARAK. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Setyawan Rizal 09501244010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KECAKAPAN VOKASIONAL, KEPRIBADIAN, DAN KESADARAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN DAN MEKATRONIKA DI SMK NEGERI I TEMBARAK Oleh: Setyawan Rizal NIM. 09501244010 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) gambaran kecakapan vokasional, kepribadian, kesadaran diri, dan minat berwirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Perograman dan Mekatronika SMK Negeri I Tembarak, (2) pengaruh kecakapan vokasional terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha, (4) pengaruh kesadaran diri terhadap minat berwirausaha, dan (5) pengaruh kecakapan vokasional, kepribadian, dan kesadaran diri secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dan Mekatronika SMK Negeri I Tembarak sebanyak 135 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kecakapan vokasional siswa (64,00%) termasuk kategori cukup, kepribadian siswa (78,00%) termasuk kategori cukup, kesadaran diri siswa (66,00%) termasuk kategori cukup, dan minat berwirausaha siswa (62,00%) termasuk kategori cukup, (2) kecakapan vokasional berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,547, (3) kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,585 (4) kesadaran diri berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,600, (5) kecakapan vokasional, kepribadian, dan kesadaran diri secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan koefisiensi regresi sebesar 0,678 yang artinya kecakapan vokasional, kepribadian, dan kesadaran diri mampu memberi pengaruh sebesar 46,00% terhadap minat berwirausaha. Kata kunci: kecakapan vokasional, kepribadian, kesadaran diri, dan minat berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39219

Actions (login required)

View Item View Item