KESIAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK MOTOR DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Setiyo, Tantomo (2016) KESIAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK MOTOR DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Setiyo Tantomo.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

KESIAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK MOTOR DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA Setiyo Tantomo 08504245016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi atau gambaran tentang kesiapan pembelajaran praktik motor bensin di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta ditinjau dari kesiapan guru, dan kesiapan sarana prasarana praktik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif ini sumber data dipilih secara porposive sampling dan snowball sampling. Sumber data penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan guru pengampu praktik motor bensin, dan peserta didik kelas XI menggunakan pedoman wawancara, observasi sarana prasarana praktik motor bensin menggunakn pedoman observasi, serta dokumentasi berupa foto dan video menggunakan camera digital. Uji keabsahan data dengan Triangulasi Teknik, Triangulasi Sumber, dan Member Check. Hasil dari penelitian ini dapat disampaikan sebagai berikut; Kesiapan guru otomotif pengajar praktik motor bensin kelas XI SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta dalam menerapkan kompetensi pedagogik yaitu dalam pembuatan RPP terdapat satu diantara guru tersebut masih belum maksimal terlihat dari materi pembelajarannya yang belum lengkap sesuai dengan SKKD yang diajarkan. Di dalam menerapkan kompetensi kepribadian terdapat satu diantara beberapa guru disini yang terkadang sikapnya bisa menimbulkan efek buruk kepada peserta didiknya, seperti guru tersebut merokok di dalam bengkel walaupun di bengkel tersebut sudah terpasang tata tertib larangan merokok. Kedisiplinan guru dalam memulai pelajaran, seperti satu diantara guru otomotif SMK Tamansiswa ini ada yang selalu mengulur-ulur waktu masuk kelas, sehingga para peserta didik mengikuti jejak gurunya. Di dalam menerapkan kompetensi profesionalnya guru otomotif SMK Tamansiswa sudah memiliki kompetensi profesional yang memadai dimana guru tersebut sudah menguasai materi pembelajarannya dengan baik, akan tetapi masih terdapat satu diantara guru belum dapat menerapkan segala pengetahuan yang dimilikinya dengan maksimal karena keterbatasan media serta reverensi pembelajaran yang ada dan kurang mampu menciptakan proses pembelajaran yang efisien ini terbukti dari tidak adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa selama proses pembelajaran Fasilitas sarana prasarana penunjang praktik motor bensin yang tersedia di bengkel otomotif SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta dikatakan kurang memadai dalam mendukung proses pembelajaran praktik motor bensin, ditandai dengan kurangnya area kerja praktik, manajemen sarana dan prasarana dari pihak sekolah yang kurang baik sehingga terjadi kekurangan pada bahan praktik (spare part) dan media pembelajaran serta bangunan bengkel yang kurang terawat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 10:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39215

Actions (login required)

View Item View Item