Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpkir Kritis

Hasmedi, Toni (2016) Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpkir Kritis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-toni-hasmedi-10708251034.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan; (2) peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan; dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang meliputi studi pendahuluan, desain produk, validasi, uji coba terbatas, revisi pasca uji coba terbatas, uji coba lapangan yang mengunakan kelas treatmen dan kelas kontrol, revisi pasca uji coba lapangan sehingga menjadi produk akhir. Pelaksanaan pengembangan ini tidak sampai pada tahap disseminate (menyebarkan) dengan subjek penelitian adalah siswa SMPIT Abu Bakar Yogyakarta serta teknik pengumpulan data adalah wawancara, kuisioner, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan telah melewati tahap validasi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan sehingga LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan layak untuk digunakan; (2) LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan juga dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa; dan (3) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKS, keterampilan proses, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:15
Last Modified: 09 May 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39214

Actions (login required)

View Item View Item