PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

SETIAWAN, TRY SAPUTRA (2016) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SETIAWAN TRY SAPUTRA - 05504244033.PDF

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh : SETIAWAN TRY SAPUTRA NIM 05504244033 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar pengukuran teknik siswa kelas X SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta setelah diberikan tugas terstruktur dibandingkan dengan kelas yang tidak diberikan tugas terstruktur; (2) mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar pengukuran teknik siswa kelas X SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta dengan jumlah 111 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Random Sample. Jumlah sampel sebanyak 74 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas TKR 5 dan kelompok kontrol yaitu kelas TKR 1 dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 37 siswa. Adapun perbedaan tugas testruktur dan tugas biasa/tidak terstruktur perbedaannya yaitu cara penyampaian atau pemberian tugas tersebut. Untuk tugas terstruktur cara pemberian tugasnya diberikan secara terencana dengan memperhatikan level atau tingkat kesulitan tiap tugas yang diberikan. Sedangkan untuk tugas tidak terstruktur atau tugas biasa cara penyampainaya tidak mempertimbangkan level atau tingkat kesulitan setiap tugas yang diberikan secara tidak terncana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tugas dan tes. Validitas instrumen ini melalui pendapat para ahli (experts judgement). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus KR 20. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskripsi dan uji beda (t-test) satu ekor dengan bantuan komputer program Microsoft office Excel 2007. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas yang diberikan tugas terstruktur (kelas eksperimen) dan kelas yang diberi tugas tidak terstruktur atau biasa (kelas kontrol). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar ttabel yaitu sebesar 7,256 > 1,688 dengan perolehan rerata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 7,93 > 6,92 Dengan demikian penggunaan pemberian tugas terstruktur memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Tugas Terstruktur, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39213

Actions (login required)

View Item View Item