Model Permainan untuk Meningkatkan Persepsi Ruang dan Keseimbangan Anak TK Kelompok B

Putridinanti, Ratia Hesti (2016) Model Permainan untuk Meningkatkan Persepsi Ruang dan Keseimbangan Anak TK Kelompok B. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratia hesti putri14711251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model permainan untuk meningkatkan persepsi ruang dan keseimbangan anak TK kelompok B yang didalamnya mengandung unsur Kognitif, Psikomotor, dan Afektif. Selain itu model permainan ini dapat membantu guru dalam proses pembelajaran motorik kasar yang lebih inovatif dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis kebutuhan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final, dan (8) uji efektifitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan di TK Al-Ikhlas dengan jumah anak sebanyak 14. Uji coba skala besar dilakukan di tiga TK, yaitu: TK ABA Minomartani, TK Harapan Gorongan, dan TK Tunas Pandawa yang berjumlah 42 anak, serta uji efektifitas di TK Melati dengan 23 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi permainan, (4) pedoman observasi keefektifan permainan, dan (5) pedoman observasi terhadap guru pelaku uji coba. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengembengan ini menghasilkan produk berupa buku panduan dan DVD permainan persepsi ruang dan keseimbangan anak kelompok B, yang berisikan enam model permainan, yaitu: (1) Permainan Hantarkan Bola; (2) Permainan Sirkuit; (3) Permainan Langkah Harimau; (4) Permainan Ambil Gambarmu; (5) Permainan Gol; dan (6) Permainan Passingball. Dari hasil penilaian para ahli dan uji efektifitas dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan yang disusun sangat baik dan efektif dalam meningkatkan kemampuan persepsi ruang dan keseimbangan anak TK kelompok B serta mampu menjadi model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan, persepsi ruang, keseimbangan, anak TK kelompok B
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:05
Last Modified: 18 Jan 2022 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39212

Actions (login required)

View Item View Item