Pengembangan Model Permainan Sederhana dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah

Suprayogo, Pintoko (2016) Pengembangan Model Permainan Sederhana dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pintoko-suprayogo-13711251015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan untuk pembelajarangerak dasar lompat sebagai sarana mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkahpelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut yaitu: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7) pembuatan produk final, dan (8) uji keefektifan produk.Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 32 siswa di SD Negeri Ngringin. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap 28 siswa di SD Negeri Deresan dan 30 siswa di SD Negeri Puren.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji keefektifan, dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa model permainan lompat dasar, yang berisikan enam model permainan, yaitu: (1) permainan lompat tali, (2) permainan lompat karpet, (3) permainan lompat gawang, (4) permainan bola gantung, (5) permainanengklek bola, (6) permainanbola keranjang. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan DVD. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainanlompat dasar sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pembelajaran gerak dasar lompat bagi siswa sekolah dasar kelas bawah yang didesain berkategori baik. Terdapat perbedaan hasil uji keefektifan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model permainan lompat dasar untuk pembelajaran gerak dasar lompat peserta didik sekolah dasar kelas bawah dengan p > 0,05,sehingga model permainan layakuntuk digunakan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan lompat dasar, tujuan pendidikan jasmani, siswa sekolah dasar kelas bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:46
Last Modified: 09 May 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39204

Actions (login required)

View Item View Item