PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN PATISERI DI SMK PIUS MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Septyana, Puspitasari (2016) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN PATISERI DI SMK PIUS MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Septyana Puspitasari 10511244033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN PATISERI DI SMK PIUS MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh : Septyana Puspitasari NIM. 10511244033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa program keahlian patiseri, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam rangka mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa program keahlian patiseri, 3) upaya yang dilakukan dalam rangka mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber siswa program keahlian Patiseri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK PIUS X Magelang pada Desember 2013-Oktober 2014 dengan populasi siswa kelas X, XI dan XII Patiseri sebanyak 99 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan expert judgement dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di SMK PIUS X Magelang dalam kategori baik sebanyak 4 orang (4.0%), kategori cukup sebanyak 91 orang (91.9%) dan kategori kurang sebanyak 4 orang (4.0%), 2) faktor pendukung siswa antara lain adanya: (a) minat siswa datang keperpustakaan karena kurang mampu membeli buku di luar sekolah, (b) waktu kunjung wajib ke perpustakaan untuk setiap kelas, (c) fasilitas internet yang dapat digunakan oleh siswa, (d) pelayanan yang ramah, baik dan cepat dari petugas perpustakaan, (e) kurikulum baru (kurikulum 2013) yang menuntut siswa untuk aktif mencari informasi, (f) tugas dari guru kepada siswa untuk mencari sumber belajar di perpustakaan. Faktor penghambat siswa antara lain: (a) terbatasnya ruang perpustakaan yang tidak memungkinkan untuk kelas serentak, (b) terbatasnya anggaran sarana dan prasarana perpustakaan, (c) penggunaan perpustakaan untuk proses belajar mengajar harus konsultasi dengan petugas, (d) koleksi perpustakaan yang kurang up to date khususnya untuk siswa program keahlian patiseri, (e) kurangnya jumlah petugas perpustakaan. 3) Upaya yang dilakukan untuk mendorong siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar yaitu: (a) menyediakan fasilitas internet agar dapat digunakan oleh siswa secara optimal, (b) berlangganan majalah yang terbaru dan diminati siswa, (c) pengadaan almari buku, (d) mengajukan anggaran pembelian buku dan bantuan BOS, (e) meningkatkan pelayanan prima petugas perpustakaan, (f) memotivasi guru untuk selalu menugaskan siswa belajar di perpustakaan, (g) membuat blog pribadi siswa patiseri yang berisi resep-resep dengan menggunakan fasilitas internet. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39197

Actions (login required)

View Item View Item