CARA MENGAJAR TEORI GURU BIDANG OTOMOTIF DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012

Wisnu Aji Kurniawan, Kurniawan (2016) CARA MENGAJAR TEORI GURU BIDANG OTOMOTIF DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Wisnu Aji Kurniawan 07504244022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

CARA MENGAJAR TEORI GURU BIDANG OTOMOTIF DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2012 Oleh: Wisnu Aji Kurniawan NIM. 07504244022 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengajar teori dan untuk mengetahui perbedaan antara guru yang bersertifikasi dan belum bersertifikasi pada guru Bidang Otomotif se-Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman yang ada jurusan otomotifnya yaitu SMKN 2 Depok Sleman dan SMKN 1 Seyegan Sleman. Responden yang diteliti adalah guru-guru bidang otomotif di kedua sekolah tersebut baik yang bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi dengan jumlah sebanyak 19 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi yaitu merekam guru saat mengajar teori di kelas dengan handycam. Video hasil dari perekaman lalu diputar ulang untuk dilakukan penilaian dengan menggunakan instrumen yang diambil dari Buku Panduan Pengajaran Mikro Tahun 2010. Analisis uji beda dalam penelitian ini menggunakan Mann-Whitney U-test. Cara mengajar teori guru bidang otomotif di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman tahun 2012 dalam kategori cukup baik (nilai rata-rata 66,5). Aspek yang termasuk kategori sangat baik sekali adalah aspek keterampilan menjelaskan dan aspek yang termasuk kategori sangat buruk sekali adalah aspek keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengevaluasi, dan keterampilan menutup pelajaran. Cara mengajar teori guru bidang otomotif di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman tahun 2012yang telah bersertifikasi lebih baik dari yang belum bersertifikasi (Uhitung=8<Utabel=12,α=0,05). Berdasarkan nilai rata-rata, guru bersertifikasi mendapat nilai 68,7 dan guru belum bersertifikasi mendapat nilai 61,9.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 10:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39189

Actions (login required)

View Item View Item