Aktualisasi Scientific Inquiry dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Se Kabupaten Pelalawan ditinjau dari Masa Mengajar dan Latar Belakang Pendidikan

Norlela, Norlela (2016) Aktualisasi Scientific Inquiry dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Se Kabupaten Pelalawan ditinjau dari Masa Mengajar dan Latar Belakang Pendidikan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-norlela-14725259001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) aktualisasi scientific inquiry pada pelajaran biologi di SMA Negeri se Kebupaten Pelalawan, (2) pengaruh masa mengajar dan latar belakang pendidikan guru terhadap aktualisasi scientific inquiry dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri se Kabupaten Pelalawan, dan (3) faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan guru biologi dalam menerapkan aktualisasi scientific inquiry di SMA Negeri se Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah guru biologi di SMAN se Kabupaten Pelalawan dengan jumlah sampel 14 orang guru (Purposive Sampling). Teknik pengambilan data mengunakan teknik inventori dan teknik observasi dengan mengunakan lembar isian dan lembar observasi. Lembar isian digunakan untuk mendapatkan data masa mengajar dan latar belakang pendidikan guru. Lembar Observasi untuk melihat aktualisasi scientific inquiry oleh guru biologi dalam proses pembelajaran. Teknik analisa data mengunakan deskriftif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktualisasi scientifik inquiry berkatagori sedang dengan rata-rata sekor rata-rata 88,79 dengan simpangan baku 28.198, (2) masa mengajar guru yang berpengalaman, lebih baik dalam mengaktualisasi scientific inquiry, dan (3) latar belakang pendidikan menunjukan ketidaksesuaian dalam mengaktualisasikan scientific inquiry pada proses pembelajaran biologi di SMA Negeri se Kabupaten Pelalawan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: scientific inquiry, masa mengajar , latar belakang pendidikan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:18
Last Modified: 09 May 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39184

Actions (login required)

View Item View Item