LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN

Rifqi Ramadani, Rifqi Ramadani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LOKASI SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal.pengesahan, kt pengantar, abstrak.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagq mahasiswa di lapangan. SMP Negeri 2 Gamping Sleman sebagai salah satu lokasi PPL UNY 2014. Program Praktik Perrgalaman Lapangar bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap dan kepribadian rnahasiswa sebagai calon seorang pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta masyarakat di sekelilingnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gamping Sleman tepatnya di Trihanggo Gamping Slemarr ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, bahan ajar,serta media pembelajaran. Kegiatan pernbeiajaran ini meliputi tiga hal, yaitu (1) kegiatan awal yang terdiri dari berdoa, absensi, apersepsi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) kegiatan inti yang terdiri dari penyampaian materi kepada peserta didik, tanya jar,vab dan diskusi, praktikum, serta evaluasi; dan (3) kegiatan akhir yang meliputi refleksi bersama, penarikan kcsimpulan, dan berdoa. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII E dan VII F. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya unfuk mengemb:rngkair bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan carabelajar yaltg efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Kegiatan PPL ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan sefta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk rnenjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, l:emampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP Negei 2 Gamping Sleman, agar kegiatan PPL dimasa menCatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagS perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Gamping Sleman, Perkembangan sekolah.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:49
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39156

Actions (login required)

View Item View Item