LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMP N 2 GAMPING,SLEMAN Jln. JAMBON, TRIHANGGO, GAMPING, SLEMAN 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014

Putri Agustina, Putri Agustina (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMP N 2 GAMPING,SLEMAN Jln. JAMBON, TRIHANGGO, GAMPING, SLEMAN 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan, Abstrak, Penghantar, Daftar isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, BAB II, BAB III.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMP N 2 Gamping,Sleman sebagai salah satu lokasi PPL UNY 2014. Program Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap dan kepribadian mahasiswa sebagai calon seorang pendidik yang memiliki sikap dewasa dalam bertindak, berpikir, berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta masyarakat di sekelilingnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 2 Gamping,Sleman tepatnya di Jl. Jambon, Trihanggo,Gamping,Sleman ini dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, bahan ajar,serta media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini meliputi tiga hal, yaitu (1) kegiatan awal yang terdiri dari berdoa, absensi, apersepsi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) kegiatan inti yang terdiri dari penyampaian materi kepada peserta didik, tanya jawab dan diskusi, praktikum, serta evaluasi; dan (3) kegiatan akhir yang meliputi refleksi bersama, penarikan kesimpulan, dan berdoa. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIID,VIIE,VIIF,IXA dan IXC. Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Kegiatan PPL ini juga di harapkan dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP N 2 Gamping,Sleman, agar kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 2 Gamping,Sleman, Perkembangan sekolah.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39152

Actions (login required)

View Item View Item