LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 20 SEPTEMBER 2014 DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA

RIEFKY AGUNG TRISNANDI, RIEFKY AGUNG TRISNANDI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 20 SEPTEMBER 2014 DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, Hal. Pengesahan.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi BAB 1-3.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memeperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Negeri 1 Depok, dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 20 September 2014. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di kelas X MIA 1, X MIA 2, X IIS 1 dan X IIS 2. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, silabus serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu administrasi supervisi ,dan lain-lain. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Depok pada bulan Juli-September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapat dari kampus. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:27
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39146

Actions (login required)

View Item View Item