Hajarul Masi Hanifatur Rohman, Hajarul Masi Hanifatur Rohman (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI No. Lokasi : Nama sekolah : SMA Negeri 1 Depok Alamat : Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman 55821. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
3. Kata Pengantar.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak PPL.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Praktikan melaksanakan PPL di SMA Negeri 1 Depok pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 yang berlokasi di Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman. Kegiatan PPL diawali dengan melakukan observasi pada tanggal 24 April 2014 di SMA Negeri 1 Depok dengan tujuan untuk mengetahui potensi sekolah, kondisi fisik ataupun non-fisik serta kegiatan praktik belajar mengajar yang berlangsung. Hal ini dimaksudkan agar praktikan dapat mempersiapkan program program kegiatan yang akan dilaksanakan selama PPL di SMA Negeri 1 Depok. Berdasarkan atas analisis situasi dari hasil observasi kemudian disusun program PPL. Kegiatan PPL diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan yaitu praktikan melakukan observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah, mengikuti kuliah pengajaran mikro (microteaching), mengikuti pembekalan PPL, dan berkoordinasi dengan guru pembimbing. Kemudian pelaksanaan PPL dilakukan di SMA Negeri 1 Depok, praktikan mendapat Kesempatan untuk mengajar di Kelas X MIA 3 dengan materi Eksponen dan Logaritma yang kemudian dilanjutkan materi Fungsi Eksponen dan Logaritma. Adapun pelaksanaannya terdiri dari pembuatan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kemudian mempersiapkan bahan ajar dengan mempelajari referensi-referensi yang relevan dan membuat media pembelajaran yang mendukung. Sebelum digunakan dan dipraktikan mengajar di kelas hal-hal tersebut dikonsultasikan kepada guru pembimbing untuk menghindari kesalahan konsep. Praktikan telah melakukan praktik mengajar di kelas sebanyak 9 pertemuan, penyampaian materi menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan praktikan selama mengajar di dalam kelas. Kegiatan PPL telah dilaksanakan oleh praktikan dengan baik dan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan, akan tetapi semua dapat teratasi dengan baik atas bimbingan dan masukan dari guru pembimbing, kerjasama yang baik dengan teman PPL, dosen pembimbing lapangan, pihak sekolah, dan pihak terkait lainnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:10 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |