PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP KESADARAN MEREK DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND ATTITUDE MINUMAN DALAM KEMASAN (Studi Kasus Pada Iklan Teh Ichitan di Yogyakarta)

Hartono, Kefas (2016) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP KESADARAN MEREK DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND ATTITUDE MINUMAN DALAM KEMASAN (Studi Kasus Pada Iklan Teh Ichitan di Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
KefasAldiHartono_12808141101.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh daya tarik iklan terhadap kesadaran merek teh Ichitan (2) pengaruh selebriti endorser terhadap kesadaran merek teh Ichitan, (3) pengaruh kesadaran merek terhadap brand attitude teh Ichitan. Penelitian ini merupakan penelitian survei, karena instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang pernah melihat iklan teh Ichitan. Sampel sebanyak 165 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analisys sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan program AMOS versi 22.0 Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) daya tarik iklan secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dengan nilai CR 5,545 > 1,96. (2) selebriti endorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dengan nilai CR 4,175 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05. (3) kesadaran merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap brand attitude teh Ichitan dengan nilai 16,21 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05. Pengaruh langsung variabel kesadaran merek (0,757) sebagai variabel intervening terhadap brand attitude terbukti lebih besar dari pengaruh langsung variabel daya tarik iklan (0,259) dan selebriti endorser (0,345) terhadap brand attitude.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik iklan, selebriti endorser, kesadaran merek, brand attitude
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 10:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39130

Actions (login required)

View Item View Item