LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP NEGERI 3 KALASAN

Rifki Ayu Rosmita, Rifki Ayu Rosmita (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP NEGERI 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIFKI AYU ROSMITA - LAPORAN PPL.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Program PPL, merupakan salah satu wadah bagai mahasiswa kependidikan untuk mengaplikasikan atau menerapkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan penerapan ilmu yang didapat dari perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi diri atau pengalaman mengajar secara real teaching di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Kalasan, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan mengajar materi baik apresiasi maupun ekspresi yang telah diperoleh selama perkuliahan. Program PPL di SMP Negeri 3Kalasan, dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2014 sampai dengan 15 september 2014. Dalam kegiatan PPL, praktikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan rutin piket salaman, mengikuti prosedur persiapan sampai pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru, mengikuti kegiatan persiapan sampai pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru, Praktek mengajar di kelas VII C, VII D, IX A dan kelas Ekstrakulikuler. Selain praktik mengajar praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP/pertemuan, media pembelajaran, dan evaluasi. Praktik mengajar diisi dengan materi apresiasi dan ekspresi. Materi apresiasi untuk kelas VII C dan VII D adalah pengertian tari serta elemen-elemen tari. Materi Apresissi untuk kelas IX adalah pengertian tari, bentuk penyajian tari serta macam-macam fungsi tari. Sedangkan materi ekspresi untuk kelas VII C dan VII D adalah Tari Hegong. Tari ini berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur. Materi Ekspresi untuk kelas IX A adalah Tari Polish Krakovyek dari Polandia.Materi yang diberikan untuk kelas Ekstrakulikuler adalah Tari Zapin. Kurikulum untuk kelas VII menggunakan Kurikulum tahun 2013, Sedangkan kurikulum untuk kelas IX menggunakan kurikulum KTSP. Media pembelajaran yang digunakan adalah media interaktif Power Point, iringan musik tari Hegong, Tari Polish Krakovyek dan Tari Zapin, tubuh serta tape recorder. Evalusi untuk kelas VII dan IX dilakukan sebanyak 2 kali. Di akhir pembelajaran tim PPL mengadakan pementasan yang diisi dengan tari-tarian dari hasil pembelajaran di kelas intra dan ekstra. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing.. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya materi Tari Hegong, Tari Polish Krakovyek dan Tari Zapin dengan nilai yang telah melebihi standar di sekolah SMP N 3 Kalasan. Siswa-siswi SMP N 3 Kalasan khususnya kelas VII C, VII D dan IX A mampu mempraktiikan tarian yang diberikan sesuai dengan iringan. Siswa-siswi kelas VII dan IX mampu menarikan Tari Hegong, Tari Polish Krakovyek dan Tari Zapin dengan menggunakan kostum serta make up di akhir pembelajaran dalam acara pementasan pembelajaran dan perpisahan mahasiswa PPL. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39129

Actions (login required)

View Item View Item