LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 DEPOK

Hafi Diana Pratiwi, Hafi Diana Pratiwi (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
0 cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 Halaman Pengesahan dg ttd.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB III.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Depok telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 20 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 24 mahasiswa. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 20 September 2014, dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan di kelas X IIS 1 dan X IIS 2. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, prinsip ekonomi, pengertian kebutuhan, jenis-jenis kebutuhan, faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan, pengertian kelangkaan, faktor-faktor yang mempengaruhi kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, permasalahan pokok ekonomi klasik, permasalahan pokok ekonomi modern, sistem ekonomi. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikanmasih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat mencari informasi karenaada sebagian siswa yang tidak melakukan kegiatan tersebut. Ketika presentasi dan diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:03
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39128

Actions (login required)

View Item View Item