LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Disusun sebagai Pertanggungjawaban Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2014/2015 SMA NEGERI 1 DEPOK

Fajar Elmy Nuriyah, Fajar Elmy Nuriyah (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Disusun sebagai Pertanggungjawaban Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2014/2015 SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar Elmy Nuriyah (Pendidikan Matematika-11301241022).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan bentuk aplikasi ilmu yang telah diterima di bangku perkuliahan. Selain mempraktikkan kompetensi akademik dan intelektual yang diperoleh di bangku perkuliahan, mahasiswa berkewajiban untuk mempraktikkan ilmu dan ketrampilan yang telah diperoleh kepada masyarakat. PPL sebagai salah satu sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan melatih diri dalam mempersiapkan kehidupan di masyarakat yang sesungguhnya sehingga diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu di bidang akademik saja seperti yang didapatkan di perkuliahan melainkan juga mampu melaksanakan serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh untuk diabdikan kepada masyarakat. Selain itu PPL merupakan sarana untuk meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Kegiatan PPL UNY tahun 2014 secara formal dilaksanakan tanggal 2 Juli sampai dengan 20 September 2014. Kegiatan PPL UNY di SMA Negeri 1 Depok ini dilaksanakan oleh 24 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut: 2 mahasiswa dari prodi Bimbingan dan Konseling, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Seni Musik, 4 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Perancis, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Matematika, 2 mahasiswa dari prodi PJKR, 2 mahasiswa dai Prodi Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Ekonomi dan Perbankan, 2 mahasiswa dari prodi Pendidikan Sosiologi, serta 2 mahasiswa dari podi Pendidikan Geografi. Seluruh tim PPL SMA Negeri 1 Depok memulai kegiatan PPL dengan melakukan observasi sekolah, koordinasi dan menyusun rancangan program kerja termasuk matriks di dalamnya, pelaksanaan program, evaluasi serta pembuatan laporan. Kegiatan PPL yang penulis lakukan meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas X MIA 2 yang telah dilakukan sebanyak 9 kali. Setelah melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat untuk bekal menjadi pendidik yang professional dan berkarakter di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39121

Actions (login required)

View Item View Item