LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN

Merri Marsita Dewi, Merri Marsita Dewi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MERRI MARSITA DEWI - LAPORAN PPL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Pelaksanaan PPL sendiri saling terintegrasi dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Tujuan yang ingin dicapai program terpadu tersebut adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL ini juga merupakan salah satu penerapan ilmu yang di dapatkan dari bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga dapat mengembangkan potensinya sebagai calon guru dan tenaga kependidikan Program kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Kalasan, merupakan salah satu kesempatan yang luar biasa bagi saya mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh di perguruan tingi untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menguasai kondisi di kelas, membuat pendidik merasa nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran. Program PPL di SMP Negeri 3 Kalasan, dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014 namun pembelajaran dimulai pada tanggal 5 Agustus 2014. Dalam kegiatan PPL ini, saya mendapatkan kesempatan untuk praktek mengajar di kelas VIII yaitu VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Selain praktik mengajar praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:51
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39120

Actions (login required)

View Item View Item