LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 DEPOK

DYAH UTAMI ENDARWATI, DYAH UTAMI ENDARWATI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Utami Endarwati Pendidikan Sosiologi.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Depok telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Jul-20 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 24 mahasiswa. Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 14 Agustus sampai dengan 20 September 2014, dilakukan sebanyak 11 kali pertemuan di kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3. materi yang diajarkan meliputi konsep dasar manusis sebagai individu dan manusia sebagai makhluk social, konsep gejala social, contoh gejala social, peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji permaslahan social yang ada disekitar masyarakat. Kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3 dan X IIS 2, dilakukan sebanyak 21 kali pertemuan dengan materi meliputi hakikat kelompok social, syarat dan ciri kelompok social, dasar pembentukan kelompok social, Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksanaan PPL yang praktikkan lakukan telah meghadapi berbagai situasi kelas dimana terdaat kelas yang mampu dikondisikan dengan mudah, namun terdapat kelas yang perlu cara-cara khusus untuk dapat dikondisikan dengan baik.praktikan menyadari bahwa dengan komunikasi yang mampu dibangun anatar pengajar dan peserta didik menjadi suatu hal yang penting. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, bimbingan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39119

Actions (login required)

View Item View Item