Capritasari, Noviasnita (2016) Pengaruh Motivasi, Kemandirian, Kedisiplinan, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 2d Jurusan Multimedia di SMK di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-noviasnita-capritasari-14702251025.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) motivasi belajar; (2) kemandirian belajar; (3) kedisiplinan belajar; (4) fasilitas belajar; (5) lingkungan sekolah; (6) motivasi, kemandirian, kedisiplinan, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah expost-facto. Populasi penelitian ini adalah 144 siswa kelas XI mata pelajaran animasi 2D jurusan multimedia di SMK di Kota Yogyakarta. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Stephen Isaac dan William B. Michael. Sampel sejumlah 105 siswa ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,003 dan R Square 0,084; (2) kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,000 dan R Square 0,133; (3) kedisiplinan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,000 dan R Square 0,123; (4) fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,006 dan R Square 0,070; (5) lingkungan sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,001 dan R Square 0,101; dan (6) motivasi, kemandirian, kedisiplinan, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,004 dan R Square 0,158
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar siswa, motivasi belajar, kemandirian belajar, kedisiplinan belajar, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah |
| Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 08 Aug 2016 06:50 |
| Last Modified: | 22 Aug 2022 08:00 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
