LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2014 SMP N 3 KALASAN

I Ketut Satwika Sudina Putra, I Ketut Satwika Sudina Putra (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2014 SMP N 3 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
I KETUT SATWIKA S PURA - LAPORAN PPL.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakurikuler dan wajib dilakukan oleh mahasiswa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 2,5 bulan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan PPL, mahasiswa praktikan turun langsung untuk mengajar didalam kelas. 8x pertemuan adalah target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMP N 3 Kalasan. Disekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk mengampu dua (2) kelas, yaitu kelas VII A dan VII B.Praktik mengajar dimulai dari tanggal11 Agustus 2014 sampai 15 September 2014. Metode Saintifik, Diskusi Kelompok, dan Discovery Learning merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menginginkan jalannya pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered). Power Point, gambar, model, video merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL,namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing.. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa praktikan dapat memperoleh bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang terkait denagn dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerjasama, kerja keras dan disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39116

Actions (login required)

View Item View Item