LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI: LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN SIDOKERTO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Sekar Arum Kurniati, Sekar Arum Kurniati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014 LOKASI: LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN SIDOKERTO, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SEKAR ARUM KURNIATI - LAPORAN PPL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Syarat mahasiswa dapat mengikuti kegiatan PPL ini adalah telah menyelesaikan perkuliahan sampai semester 6. Syarat yang lain adalah mahasiswa harus sudah lulus dalam mata kuliah micro teaching dimana perkuliahan tersebut adalah perkuliahan yang mengajarkan serta membimbing mahasisiwa untuk menjadi guru yang baik, dalam cara mengajar maupun cara menyikapi siswa. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di Universitas, serta dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, sekaligus memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajarmengajar. Sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Praktek di lapangan menjadikan mahasiswa dapat mengetahui seluk-beluk permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan pengelolaan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 3 Kalasan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksaaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah terlebih dahulu konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran dengan guru pendamping. Praktikan dapat melaksanakan pembelajaran di kelas sebanyak 8 kali pertemuan. Pelaksanaan PPL dilaksanakan dikelas VII A, VII B, VII C, VII D, VIII A, VIII B, serta VIII C secara umum berjalan lancar. Metode yang digunakan dalam pengajaran pun bervariasi, mulai dari metode ceramah bervariasi, diskusi kelompok dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain powerpoint, gambar, video, serta LKS. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan di SMP Negeri 3 Kalasan ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum yang diperoleh dibangku perkuliahan. Selama melaksanakan PPL penyusun tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan, mahasiswa PPL dapat menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat mencetak tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2016 06:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39114

Actions (login required)

View Item View Item